Peringati Hari Koperasi, Wabup Sukabumi: Tingkatkan Pembinaan Koperasi

KUNINGAN, magnetberita.com – Wakil Bupati Sukabumi,H Adjo Sardjono, menghadiri Hari Koperasi Tingkat Jabar Ke-70 di Lapang Pandapa Paramarta, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Dijadwalkan, kegiatan itu berlangsung selama tiga hari, mulai Jumat (21/7/2017) hingga Minggu (23/7/2017).

Dalam kesempatan itu, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan mengatakan Hari Koperasi harus dijadikan momentum untuk koreksi dan evaluasi kemajuan koperasi. Sebab sesuai tujuan pembentukan koperasi yakni untuk kesejahteraan dan pemerataan ekonomi.

Aher mengungkapkan, terdapat perbedaan yang sangat mencolok antara badan usaha koperasi dan yang non koperasi. Non koperasi modalnya tidak bergantung pada jumlah anggota.

“Tapi koperasi bergantung pada jumlah anggota sebagai modal, sehingga apabila ada keuntungan dinikmati oleh seluruh anggota koperasi secara bersama,” ulasnya.

Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono menambahkan, kegiatan ini harus dijadikan momentum untuk semua koperasi yang ada di wilayahnya. Dia berharap, semua koperasi di Kabupaten Sukabumi lebih digiatkan lagi dengan melakukan RAT (Rapat Anggota Tahunan) serta meningkatkan pembinaan koperasi.

“Karena modal dasarnya jumlah anggota jadi koperasi tidak akan bergantung pada bantuan modal. Sebab lewat kebersamaan dengan membayar iuran setiap bulan dan melakukan transaksi melalui koperasi saja sudah dapat membantu,” tegasnya.

Salah satu kegiatan yang disuguhkan yakni seminar motivasi. Isi seminar itu digelontorkan tentang bagaimana cara memasarkan produk untuk membangun jaringan di Pemprov Jabar. Selain itu, terdapat pula bazar dan pameran yang melibatkan kurang lebih 100 pelaku usaha di antaranya 50 stand perwakilan koperasi dan UMKM Kuningan dan 50 stand perwakilan kabupaten/kota se-Jabar yang menampilkan produk-produk unggulan hasil koperasi dan UMKM masing-masing daerah.

Rep: Andra Daryl Permana
Red: Kang Bule