Mak Iyah, Janda Tua Miskin Dibantu Dermawan Buat Usaha

SUKABUMI, magnetberita.com – Pegiat social worker Yudi Panca Yoga, kembali bergerak menyalurkan bantuan kepada sesama yang membutuhkan. Kali ini, aksi dermawannya ditujukan ke seorang janda Mak Iyah (75), warga Kampung Kebon Kai RT 02 RW 01, Desa/Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

“Alhamdulillah Pak Yudi telah menyampaikan amanat rekannya di Jakarta memberikan bantuan ini. Beliau survey dulu sebelumnya untuk memastikan Mak Iyah layak mendapatkan bantuan,” tutur pegiat gerakan peduli sosial, Asep Has kepada magnetberita.com.

Bang Has, sapaan akrabnya mengatakan, suami Mak Iyah sudah meninggal 30 tahum silam. Untuk mencukupi kebutuhannya, kadang Mak Iyah harus mencari kayu bakar untuk dijual dengan hasil yang tidak seberapa.

“Beliau memiliki seorang anak yang kondisi kehidupannya tidak jauh beda. Pokoknya sangat memprihatinkan. Kami juga selalu mengawasi dan memberikan bantuan seadanya,” jelasnya.

Bantuan yang dibawa Yudi, lanjutnya, cukup meringankan beban Mak Iyah untuk beberapa waktu ke depan. “Pak Yudi menyerahkan uang tunai Rp2 juta untuk modal usaha jual-beli hasil bumi, satu paket sembako titipan sahabat beliau di Sukabumi, dan satu dus mie instan yang juga dari rekan beliau di Sukabumi,” urainya.

Penyerahan itu disaksikan oleh tokoh masyarakat setempat, seperti Ketua RW Amud dan Ketua RT serta masyarakat sekitar.

Menurut Yudi, dia hanya menyampaikan amanah dari rekan-rekannya untuk meringankan beban Mak Iyah. Dia berharap, bantuan melaluinya bisa bermanfaat bagi Mak Iyah.

“Saya hanya menyampaikan titipan dari rekan. Semoga bermanfaat dan tidak bermaksud ria. Ini hanya untuk menjaga kepercayaan donatur,” ungkap Yudi.

Rep: Andra Daryl Permana
Red: Kang Bule